Tempat Wisata Di Bandung Menarik Indah dan Terkenal

Daftar Tempat Wisata Di Bandung Yang Menarik Indah Terkenal. Bandung, kota yang mendapat julukan Paris van Java ini selain terkenal dengan pusat modenya, juga memiliki beberapa tempat wisata yang indah dan menarik. Tempat-tempat wisata tersebut tersebar merata di semua bagian kota Bandung, baik utara, selatan timur, barat, maupun di pusat Kota Bandung sendiri.
Berada di dataran tinggi, tempat wisata di Bandung di dominasi oleh jenis wisata alam seperti curug (air terjun), pemandian air panas, situ (danau) dan perkebunan. Karena kota Bandung sendiri letaknya tak jauh dari ibukota, banyak masyarakat dari Jakarta yang berlibur ke tempat wisata ini selain warga Bandung sendiri. 
tempat wisata di bandung menarik indah terkenal
Kawah Putih
Memang akhir-akhir ini traveling atau berlibur tidak lagi menjadi tren gaya hidup modern warga kota-kota besar, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan. Berlibur di tempat-tempat wisata alam seperti gunung, pantai, air terjun dan lain-lain sedikit banyak akan merefresh otak kita sehingga menjadi segar dalam melanjuttkan aktifitas sehari-hari.
Berikut daftar tempar wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi :

Bandung Utara :
1. Taman Wisata Maribaya (Curug Omas)
Objek wisata ini terletak di Kampung Cikondang Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kab. Bandung, sekitar 21 km ke arah utara Kota Bandung atau 5 km dari Lembang ke arah Timur. Di dalam kawasan wisata Maribaya ini, pengunjung bisa menikmati hijaunya alam pegunungan dengan udara segarnya. Selain itu di Maribaya terdapat beberapa air terjun atau curug antara lain Curug Omas, Curug Lalay serta pemandian air panas Maribaya.
2. Gunung Tangkuban Perahu
Terletak di daerah Lembang yang berbatasan langsung dengan Subang, Jawa Barat. Sesuai namanya, bentuk gunung ini adalah seperti perahu yang terbalik. Gunung Tangkuban Perahu sudah sangat terkenal di Jawa Barat maupun di Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 2.084 meter dpl ini tak bisa dipisahkan dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi.
3. Saung Wargi, Lembang
Sebuah tempat pemancingan yang nyaman yang terletak di daerah Lembang tepatnya di Jalan Masturi. Di Saung Wargi ini terdapat beberapa saung atau bangunan dari kayu yang digunakan untuk tempat memancing sekaligus tempat bersantap hasil pancingan. Dahulu, tempat wisata yang berdiri di atas tanah seluas 1,3 hektar ini bernama Arena Pemancingan Bonita.
4. Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian air panas Ciater terletak tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, airnya pun bersumber dari kawah gunung tersebut. Sumber mata air panas yang terdapat di beberapa lokasi di Ciater disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik. Pemandian air panas ini selalu ramai pengunjung apalagi saat akhir pekan.
5. Teropong Bintang Bosscha
Merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Lokasinya berada di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektar, berada di atas ketinggian 1310 mdpl atau pada ketinggian 630 meter dari Plato Bandung. 
6. Curug Dago
7. Bumi Perkemahan Cikole
8. Curug Cimahi
9. Kebun Strawberry Parongpong
10. Perkebunan Teh Subang
11. Situ Lembang
12. Taman Bunga Cihideung
13. Taman Bunga Parongpong
14. Taman Hutan Dako Pakar
15. Goa Belanda/Jepang
16. Taman Hutan Jaya Giri
17. Vila Istana Bunga
Bandung Selatan
1. Kawah Putih
Merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Kawah Putih terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kawah putih adalah sebuah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad 10-12. Danau kawah yang diselimuti kabut, dan hamparan pasir putih serta pepohonan hijau yang rindang membuat Kawah Putih sebagai primadona objek wisata di Jawa Barat.
2. Pemandian Air Panas Walini
Masih di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Pemandian air panas Walini ini berada di hamparan perkebunan teh Rancabali yang pastinya memiliki pemandangan sangat indah dan sejuk. Di tempat wisata ini terdapat 2 buah kolam pemandian air hangat yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu ada juga tempat beendam pribadi berupa bath-up. Meskipun airnya hangat, namun tak tercium bau belerang sedikitpun.
3. Kolam Renang Air Panas Cimanggu
Tempat wisata ini terletak di daerah Cimanggu, Desa Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Bandung. Hampir sama seperti Pemandian Air Panas Walini, di kolam renang air panas ini terdapat 2 buah kolam untuk dewasa dan anak-anak. 
4. Bumi Perkemahan Ranca Upas (Penangkaran Rusa)
Tampat wisata ini terletak tak jauh dari Kawah Putih tepatnya di Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Bandung. Seperti namanya, tempat ini sering digunakan sebagai tempat perkemahan karena selain lokasinya yang strategis, juga suasana alamnya yang sangat bersahabat. Istimewanya lagi di bumi perkemahan ini terdapt tempat penangkaran rusa seluas 4,5 hektar.
5. Perkebunan Teh Gambung
6. Perkebunan Teh Rancabali
7. Situ Cipanunjang
8. Situ Cileunca
9. Situ Patengan
10. Kawah Kamojang
11. Wisata petik strawberry, Ciwidey
Bandung Barat :
1. Perbukitan Kapur/Karst, Citatah Padalarang
Perbukitan kapur ini membentang sejauh 6 kilometer dari Padalarang hingga Rajamandala. Tempat wisata ini memiliki pemandangan bukit kapur yang menawan, namun sayangnya bukit kapur di Citatah ini terancam rusak karena adanya penambangan kapur oleh masyarakat yang memang menggantungkan hidupnya engan cara itu. Di sekitar bukit kapur terdapat juga objek wisata lain seperti Goa Pawon, Pasir Masigit, Gunung Hawu dan lain-lain.
2. Arung Jeram Citarum
Wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu penggila olahraga yang memacu adrenalin seperti rafting atau arung jeram. Titik awal arung jeram ini adalah di Kampung Padi, di seberang terminal Dago hingga sebelum pintu air PDAM Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) di Jalan Siliwangi. Total jarak tempuh sekitar 4 kilometer yang ditempuh dengan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. Harga untuk arung jeram yaitu Rp 125 ribu per orang.
3. Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian air panas ini terletak tak jauh dari Pelabuhan Ratu sekitar 15 kilometer saja. Kelebihan dari Pemandian Air Panas Cipanas yang sangat dinikmati pengunjung yakni keindahan air mancur (Geisure) yang mengandung Sulfur atau Belerang. Air panas tersebut memancar dengan tekanan yang cukup tinggi dari dalam tanah yang terletak di tengah-tengah sungai kecil.
4. Waduk Ciburuy, Padalarang
5. Bendungan Saguling
6. Alam Persawahan Padalarang
7. Curug Tilu
Bandung Timur
1. Curug Cinulang
Curug Cinulang terletak di perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Kabupaten Bandung, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Air terjun ini memiliki dua buah air terjun yang berdampingan yang berjarak sekitar 10 meter saja dengan ketinggian masing-masing sekitar 35 meter.
2. Oray Tapa, Pegunungan Manglayang
Sebuah wisata di daerah pegunungan yang terletak di Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan. Suasana yang asri dan sejuk membuat wana wisata ini menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh wisatawan. Pohon-pohon pinus dan cemara membuat hutan ini begitu rindang dan alami. Disini juga sering digunakan sebagai tempat berkemah. Terdapat juga pemandian alamidari sumber mata air yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit seperti lumpuh.
3. Caringin Tilu, Pegunungan Manglayang
4. Padepokan Dayang Sumbi (budidaya ulat sutera)
Kota Bandung

1. Wahana Trans Studio Bandung
Wahana ini terletak di Jalan Gatot Subroto, Bandung. Merupakan Indoor Theme Park terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Wahana yang dibuka secara resmi pada 18 Juni 2011 ini memiliki beberapa wahana permainan yang akan memacu adrenalin para pengunjung. Wahana Trans Studio ini tak pernah sepi pengunjung meskipun harga tiket masuknya tergolong mahal.
2. Kebun Binatang Bandung
Merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling ramai dikunjungi oleh warga Bandung dan sekitarnya. Kebun binatang ini terletak di Jalan Kebon Binatang no 6, Taman Sari, Bandung. Meskipun koleksi satwanya tak sekomplit Kebun Binatang Ragunan maupun Kebun Binatang Surabaya namun Kebun Binatang Bandung ini selalu ramai dipadati pengunjung. Terdapat satwa langka seperti burung Cenderawasih dan Badak Bercula Satu sebagai koleksi kebun binatang ini.
3. Taman Ganesha
Satu area dengan kampus ITB merupakan kawasan hijau yang menjadi paru-paru Kota Bandung. Taman ini letaknya tak jauh dari Kebun Binatang Bandung, maka bila usai berkunjung kesana, mampirlah di Taman Ganesha ini untuk menikmati hamparan rumput yang hijau, tanaman bunga, dan pepohonan rindang yang pastinya membuat kamu betah berlama-lama disini.
4. Lapangan Gasebu
5. Taman Kota Bandung
6. Taman Lansia
7. Taman Tegalega
Selain wisata alam di atas, Bandung juga memiliki beberapa jenis wisata lainnya seperti wisata sejarah, tempat wisata anak, wisata kuliner, dan tentunya wisata belanja yang akan admin bagikan di postingan-postingan berikutnya.

Film Lainnya


Komentar :