Organisasi
pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang
berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana,
terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesia ada 2 (dua):
- Administrasi berasal dari bahasa Belanda, "Administratie" yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989).
- Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa Inggris "Administration" , yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973)
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama
Human relations dalam arti luas adalah interaksi antar manusia dalam semua situasi atau semua bidang kehidupan, untuk mencapai kepuasan. Dengan demikian human relations dalam arti luas dapat terjadi dimana saja, seperti dirumah, di jalanan, dalam kendaraan, dan lain-lain dimana setiap dapat melakukkannya dengan komunikasi yang baik, sehingga saling memuaskan indiidu yang terlibat di dalammnya.
Human relations dalam arti sempit adalah interaksi dalam situasi kerja di suatu organisasi, yang bertujuan untuk membangkitkan seseorang agar dapat bekerjasama, produktif, dan memiliki keputusan.
Fungsi administrasi dan Manajemen Pendidikan
- Fungsi Perencanaa
- Fungsi Pengorganisasian
- Fungsi Penggerakan (Actuating)
- Fungsi Pengkoordinasian
- Fungsi Pengarahan
- Fungsi Pengawasan
Kepemimpinan Pendidikan
Kepemimpinan
Pendidikan adalah suatu kemampuan dan kegiatan mencoba untuk mpengaruhi
orang lain disekitarnya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya
sebagai anggota organisasi dengan berhasil mencapai tujuan usaha
pendidikan. Cirri-ciri kepemimpinan yang baik
- Manusiawi
- memandang jauh ke depan
- inspiraif (kaya akan gagasan)
- percaya diri
beberapa negara
telah berupaya untuk melakukan revitalisasi pendidikan. Revitalisasi ini
termasuk pula dalam hal perubahan paradigma kepemimpinan pendidikan,
terutama dalam hal pola hubungan atasan-bawahan, yang semula bersifat
hierarkis-komando menuju ke arah kemitraan bersama. Pada hubungan
atasan-bawahan yang bersifat hierarkis-komando, seringkali menempatkan
bawahan sebagai objek tanpa daya. Pemaksaan kehendak dan pragmatis
merupakan sikap dan perilaku yang kerap kali mewarnai kepemimpinan
komando-birokratik-hierarkis, yang pada akhirnya hal ini berakibat fatal
terhadap terbelenggunya sikap inovatif dan kreatif dari setiap bawahan.
Organisasi sekolah
Pada
dasarnya setiap OSIS di satu sekolah memiliki struktur organisasi yang
berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, biasanya struktur
keorganisasian dalam OSIS terdiri atas:
- Ketua Pembina (biasanya Kepala Sekolah)
- Wakil Ketua Pembina (biasanya Wakil Kepala Sekolah)
- Pembina (biasanya guru yang ditunjuk oleh Sekolah)
- Ketua Umum
- Wakil Ketua I
- Wakil Ketua II
- Sekretaris Umum
- Sektetaris I
- Sekretaris II
- Bendahara
- Wakil Bendahara
- Ketua Sekretaris Bidang (sekbid) yang mengurusi setiap kegiatan siswa yang berhubungan dengan tanggung jawab bidangnya.
Dan
biasanya dalam struktur kepengurusan OSIS memiliki beberapa pengurus
yang bertugas khusus mengkoordinasikan masing-masing kegiatan
ekstrakurikuler yang ada di sekolah.
0 comments: